Laman

Kamis, 01 Juli 2010

Jakarta Bandung Railfans Tour

Hallo Para Pembaca yang Budiman...
Pada kesempatan ini aku akan berbagi cerita tentang suatu perjalanan yang telah aku lakukan pada tanggal 08 Oktober 2009.meskipun sudah lama berlalu,tapi sampai sekarang pun aku masih mengenangnya karena perjalanan itu adalah perjalanan yang begitu mengesankan buat aku.

Simak cerita lengkapnya dibawah ini.

Pada suatu hari (jauh sebelum tanggal 8-10-2009), aku punya rencana untuk jalan-jalan ke Jakarta.rencanaku ini muncul karena aku udah lama juga ingin naik kereta api dan kereta api yang ingin aku coba adalah KA.Parahyangan.karena waktu itu aku belum pernah mencoba naik kereta kelas Eksekutif.aku memilih KA.Parahyangan karena kereta itu adalah kereta terfavorit yang melayani rute Jakarta-Bandung PP.kereta ini menempuh perjalanan selama 3 jam dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya dengan melewati perbukitan-perbukitan yang indah.
Pada waktu hari-H, tanggal 7-10-2009, aku berangkat dari rumah menuju Jakarta.sebelumnya aku ke terminal bis untuk menuju Jogja karena aku ke Jakartanya naik kereta dari stasiun Lempuyangan.jam 9 malam kereta yang aku tunggu datang.kereta yang akan membawaku ke Jakarta adalah KA.Gaya Baru Malam.kereta ini adalah kereta kelas Ekonomi termurah karena harga tiketnya hanya 26000/orang.ini tiketnya:

oleh karna itu kereta ini selalu penuh dengan ratusan penumpang.saking penuhnya, aku sendiri tidak dapat tempat duduk dan terpaksa harus berdiri selama perjalanan dari Jogja ke Jakarta.coba bayangkan, Jogja-Jakarta harus berdiri selama hampir 12 jam, capek dan pegel kan lututku! tapi sekali-sekali aku tetep duduk walaupun hanya di depan pintu kereta.
Pagi harinya, aku sampai di stasiun Pasar Senen sekitar jam 8 pagi.lalu aku langsung go show ke Masjid Istiqlal karena aku mau sholat dhuha sekaliyan mandi di sana.setelah itu, aku langsung cari makan buat ngisi perut di pagi hari.setelah kenyang, aku kembali melanjutkan perjalanan ke tempat wisata paling terkenal di pusat kota Jakarta yaitu Monumen Nasional (Monas).di puncak monas aku bisa melihat kota Jakarta dari atas ketinggian sekitar 132 meter.bener-bener takjub dan indah pokoknya.di atas bisa melihat banyak tempat seperti Istana Negara,Stasiun Gambir,Pantai,dan masih banyak lagi.
Setelah dari monas,aku langsung menuju ke Stasiun Gambir untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung.setelah sampai di Stasiun Gambir,aku langsung menuju ke counter tiket untuk memebeli tiket KA.Parahyangan kelas Eksekutif.harga tiketnya 50.000.ini tiketnya:

Setelah dapet tiket,aku langsung menuju ruang tunggu yang ada di lantai atas karena stasiun ini berada di atas.setelah 30 menitan menunggu,akhirnya keretanya datang.aku langsung masuk ke dalam kereta dan nyari tempat duduk.kebetulan aku dapat tempat duduk yang sangat nyaman posisinya.yaitu di no 10A gerbong Eksekutif 2.pas banget karena tempat dudukku deket dengan jendela sehingga aku bisa leluasa dalam melihat pemandangan selama perjalanan.
Tepat jam 13.30 kereta berangkat meninggalkan Stasiun Gambir.selama perjalanan dari Gambir sampai stasiun Manggarai kereta berada di atas jembatan layang.dalam perjalanan,tiba-tiba ada pramugari kereta yang menawarkan menu makanan kepadaku.ya otomatis aku langsung memesan mie rebus special dan 1 teh botol sosro karena aku sendiri sudah lapar dan haus banget.15 menit kemudian pesanan datang dan langsung aku makan sambil memanjakan mata melihat pemandangan.setelah kenyang,aku membayar bill pesananku tadi.totalnya habis 13.000.ini billnya:

Tak terasa 2 jam perjalanan telah berlalu,KA.Parahyangan telah sampai di Stasiun Purwakarta.dari mulai berangkat Stasiun Purwakarta,mataku sudah siap untuk menyambut keindahan pemandangan.di sebelah kanan dan kiri mulai terlihat pegunungan dan jurang-jurang yang curam.pemandangannya benar-benar indah dan menakjubkan.mungkin ini adalah salah satu kelebihan dari naik KA.Parahyangan, karena lintasannya banyak melintasi pegunungan-pegunungan dan jurang-jurang.dan di perjalanan ini banyak melewati jembatan-jembatan yang panjang yang dibawahnya adalah jurang-jurang curam.ngeri dech pokoknya.tapi seru.dan yang membuat aku kaget, setelah melewati stasiun kecil, tiba-tiba di depan sudah ada tebing yang tinggi.aku kira keretanya akan menabrak tebing itu,tapi ternyata dugaanku salah.ternyata keretanya masuk terowongan.seketika pemandangan yang indah berubah menjadi gelap gulita.untungnya lampu di kereta di nyalain,jadi terang dech walaupun melintas di dalam terowongan.tepat pukul 16.45 KA.Parahyangan tiba di Stasiun Bandung.aku langsung turun dari kereta dan beristirahat sejenak di ruang tunggu stasiun sambil lihat kereta laen berlalu-lalang.setelah itu aku langsung menuju pintu keluar.lalu aku nyari angkot dan menuju stasiun Kiara Condong Bandung.pada perjalanan kali ini aku memang tidak mampir di suatu tempat di Bandung karena udah sore dan hampir maghrib.apalagi sore itu hujan.
Setelah sampai di stasiun Kiara Condong, aku langsung membeli tiket untuk perjalanan pulang ke Kutoarjo.aku beli tiket KA.Kutojaya Selatan kelas Ekonomi dengan harga tiket 19.500.ini tiketnya:

Kereta berangkat tepat jam 21.30 malam dan saking capeknya,aku langsung larut tidur selama perjalanan.waktu aku bangun,ternyata udah jam 5 pagi.tepat jam 05.30 kereta tiba di stasiun Kutoarjo.aku langsung bergegas keluar dari stasiun dan berjalan menuju jalan raya.disitulah aku menunggu bis untuk pulang ke Magelang.dan akhirnya aku naik bis Sumber Alam dan aku turun di depan rumah karena rumahku deket di jalan raya.aku sampai di rumah jam 07.30 dengan selamat.

Sekian cerita tentang perjalananku yang begitu mengesankan.semoga pada kesempatan lain aku bisa mengulangi lagi dengan perjalanan yang lebih seru...